Rabu, 27 April 2016

Status Quo Kurikulum Pendidikan Indonesia

Oleh 
Asyari 
kader Rayon Al-Ghozali

Pada skala umum, pendidikan merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan kualitas intelektual masyarakat. Lewat jalan pendidikan, masyarakat diharap mampu bersaing  dengan kompetensi yang dimiliki. Indonesia memakai jalan pendidikan mampu menyatukan rakyat. Entah itu bentuk pendidikan para penjajah ataupun pesantren. 

Terlintas waktu, Indonesia mengalami banyak perubahan terkait dengan pendidikan, secara kebijakan ataupun struktural. Tentunya kita tahu dalam pendidikan ada yang bersifat formal ataupun non formal. Bukan lagi sebuah diskursus antara formal atau non formal, yang terpenting, semua dalam rangka meningkatkan kualitas rakyat Indonesia. Intelektual terbentuk bisa melalui kualitas pengalaman dan kuantitas pengalaman.

Dalam kajian pendidikan formal tentu ada struktur dan  kebijakan pendidikan, itu saling berkaitan dan dalam implementasi terjadi sebuah tradisi seiringnya waktu. Salah satu dari itu, tentang sebuah kurikulum yang sangat dinamis terjadi di indonesia. Kurikulum bertujuan membuat percepatan pendidikan. Di negara kita perubahan kurikulum sudah sering kali berubah, karena perubahan itu dimaksud untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.Mungkin bukan lagi hal yang baru bagi kita, tentang pencabutan implementasi Kurikulum 2013 di Indonesia oleh kementrian pendidikan, karena dirasa perlu perbaikan dan evaluasi terkait kurikulum tersebut.

Semua itu berimplikasi disparitas, kesenjangan dan ketidakjelasan kurikulum di Indonesia, sehingga menimbulkan status quo kurikulum pendidikan di indonesia. Memang masih menjadi pro dan kontra akan hal ini, mengingat terjadi tergesa-gesa dan juga banyak sekolah yang sudah berjuang untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut tetapi sekarang dicabut. Banyak pihak mengalami kegalauan diantaranya guru dan tenaga kependidikan. Muncul banyak pertanyaan. Apakah K-13 ini dibuang? Direvisi? Atau dipertahankan?. Sebuah diskursus baru bagi kita penikmat pendidikan di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar